Kejari Banjarbaru Selamatkan Uang Negara Rp545 Juta

BANJARBARU (WARTATOP)– Kejaksaan Negeri Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, menyelamatkan uang negara dari kejahatan tindak pidana korupsi yang besarnya mencapai Rp545 juta.

Kepala Kejari Banjarbaru Ferizal di Kota Banjarbaru, Minggu mengatakan, uang negara ratusan juta yang berhasil diselamatkan berasal dari dua kasus tindak pidana korupsi.

“Kasus pertama adalah korupsi pembangunan jalan dan uang negara yang berhasil diselamatkan sebesar Rp345 juta dan pelaku sudah dihukum atas perbuatannya,” ujar dia.

Dijelaskan Ferizal didampingi Kasi Pidsus Eddowan, uang hasil tindak pidana korupsi itu dikembalikan saat kasusnya masih dalam proses tuntutan dan sudah disetor ke kas negara.

Sementara, uang sebesar Rp200 juta lagi adalah pengembalian dari kasus dugaan tindak pidana korupsi rehabilitasi lapangan bola Murjani depan Balai Kota Banjarbaru.

“Pengembalian uang dari dugaan korupsi rehabilitasi lapangan bola Murjani dilakukan di tahap penyidikan sehingga penyelamatan uang negara sejak di penyidikan,” ucapnya.

Menurut dia, uang ratusan juta diduga hasil korupsi itu, dititipkan di bank dan apabila kasusnya sudah diputuskan pengadilan maka uangnya masuk ke kas negara.

“Jika kasusnya diputus pengadilan dan dinyatakan disita maka uangnya masuk kas negara. Tetapi jika ternyata kasusnya tidak terbukti maka uang itu dikembalikan,” ujarnya. (nt)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*