Buronan BLBI Samadikun Hartono yang Ditangkap di Tiongkok Diharap Segera Dipulangkan ke Indonesia

JAKARTA (WARTATOP) — Buronan kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) Samadikun Hartono yang ditangkap di Tiongkok berusaha untuk dipulangkan ke Indonesia lewat tim gabungan pemburu koruptor.

Menurut Jaksa Agung HM Prasetyo di Jakarta, Senin, Indonesia memang memiliki hubungan ekstradisi dengan Tiongkok. Namun demikian, pemulangan buronan BLBI itu harus tetap mengikuti prosedur yang berlaku.

“Selain Samadikun, tim gabungan akan terus berupaya memulangkan buronan BLBI lain agar mereka mempertanggungjawabkan perbuatannya. Ketika mereka divonis bersalah dan dipidana, maka harus dilaksanakan,” tegasnya.

Tim gabungan pemburu koruptor itu terdiri dari Kejaksaan Agung, Badan Intelijen Negara (BIN), Polri, Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM).

Ia menegaskan Samadikun ditangkap oleh pihak berwenang di Tiongkok. Samadikun melarikan diri dari Indonesia setelah Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi dan memperberat hukuman menjadi 4 tahun.

“Yang bersangkutan erupakan Komut Bank Modern yang mendapat suntikan dari BLBI dan menyelewengkan dana itu sehingga merugikan uang negara mencapai Rp11,9 miliar,” paparnya.

Kemudian, Mahkamah Agung (MA) menolak permohonan peninjauan kembali (PK) yang diajukan Samadikun Hartono, pemilik Bank Modern, yang buron setelah divonis empat tahun penjara dalam kasus korupsi dana BLBI. (mustopa)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*