Lembaga Pendidikan Al Azhar Harus Jadi Sekolah Rujukan

JAKARTA (WARTATOP) – Seluruh sekolah di lingkungan YPI AL Azhar harus menjadi rujukan sekolah lain di sekitarnya. Tidak hanya dalam pengembangan prestasi akademik maupun non-akademik, melainkan juga dalam pengembangan system pengelolaannya.

Ketua Umum Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al Azhar Muhammad Suhadi menegaskan hal itu dalam acara Silaturahmi Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriah dan Pertamuan Awal Tahun Guru dan Karyawan YPI Al Azhar di Komplek Mesjid Agung Al Azhar Jakarta, Sabtu.

Menurut Suhadi, tingkat kepercayaan publik terhadap Al Azhar saat ini sangat tinggi. Kenyataan seperti itu sebaiknya tidak disia-siakan oleh seluruh warga Al Azhar untuk bisa berkiprah lebih baik dalam penyelenggaraan pendidikan maupun pengembangan dakwah sosial.

“Karena itu, kita harus memanfaat momen seperti itu untuk terus berbenah diri. Ini penting karena tantangan yang dihadapi YPI Al Azhar ke depan akan semakin besar,” lanjutnya.

Ia menambahkan saat sekarang YPI Al Azhar memiliki tiga klaster bidang kegiatan, yaitu klaster pendidikan, klaster dakwah/ sosial, dan klaster usaha.

Untuk klaster pendidikan, YPI Al Azhar saat ini telah memiliki 181 sekolah dari tingkat TK, SD, SMP hingga SMA. Jumlah sekolah itu meningkat dari tahun sebelumnya karena pada tahun pelajaran 2017/2018 memiliki 18 sekolah baru.

“Kami juga telah mempersiapkan 15 sekolah baru pada tahun pelajaran 2018/20019. Selain itu pada tahun yang sama YPI Al Azhar juga tengah mempersiapkan pendirian kampus kedua untuk UAI (Universitas Al Azhar Indonesia),” tegasnya.

Suhadi berharap pada tahun pelajaran 2018/2019 lembaga pendidikan milik YPI Al Azhar telah menyebar di 14 provinsi di Indonesia. Ia mengungkapkan YPI bertekad pada saatnya nanti sekolah milik YPI Al Azhar akan ada di setiap kabupaten/ kota di seluruh Indonesia.

Di samping pendidikan, kata Suhadi, pihaknya juga mengembangkan kegiatan dakwah dan sosial. Jaringan dakwah dan kegiatan sosial Al Azhar saat ini bahkan telah menyebar hampir di seluruh Indonesia.

Pembina YPI Al Azhar Prof Dr JimlyAshiddiqie mengatakan pengembangan seluruh klaster Al Azhar akan tercapai jika seluruh komponen yang ada di dalamnya bersatu dan satu sama lain berlomba-lomba berbuat yang terbaik sesuai peran dan fungsinya.

“Saya yakin potensi yang dimiliki oleh Al Azhar sangat besar. Karena itu seluruh komponen yang berada di Al Azhar harus terus saling berkomunikasi untuk mengembangkan berbagai terobosan yang inovatif,” lanjutnya. (mustopa)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*