KPK Periksa Keponakan Novanto Terkiat Kasus E-KTP

JAKARTA (WARTATOP) — Irvanto Hendra Pambudi Cahyo, keponakan Ketua DPR RI Setya Novanto, berencana diperiksa oleh KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) dalam penyidikan tindak pidana korupsi pengadaan paket penerapan Kartu Tanda Penduduk berbasis Nomor Induk Kependudukan secara nasional (KTP-e).

Menurut Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Selasa, ia diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Setya Novanto. Terkait saksi Irvanto, KPK mengklarifikasi kepada pengacara Arie Pujianto terkait barang bukti elektronik yang disita saat penggeledahan rumah Irvanto.

“KPK pada Senin (7/8) memerika Arie Pujianto sebagai saksi untuk tersangka Setya Novanto. Untuk saksi Arie Pujianto kami lakukan pemeriksaan yaitu klarifikasi terhadap yang bersangkutan terkait dengan barang bukti elekteronik yang kami sita saat lakukan penggeledahan di rumah Irvanto sebelumnya,” ujarnya.

Febri mengatakan setelah penggeledahan dan disitanya barang bukti di rumah Irvanto itu, ada hal-hal yang perlu diklarifikasi terhadap Arie Pujianto yang diperiksa, kemarin. Klarifikasi-klarifikasi info dilakukan dengan melakukan komunikasi ke sejumlah pihak.

KPK telah menggeledah rumah Irvanto di Kompleks Kelapa Hijau, Jagakarsa, Jakarta Selatan pada Kamis (27/7). Dari penggeledahan itu, KPK menyita sejumlah dokumen dan barang bukti elektronik. Selain itu, KPK juga telah mencegah Irvanto ke luar negeri.

Ia menegaskan Saksi Irvanto Hendra Pambudi dicegah ke luar negeri untuk enam bulan ke depan terhitung sejak 21 Juli 2017 untuk kepentingan pemeriksaan dalam kasus KTP-e untuk tersangka Setya Novanto (SN).

“Irvanto adalah ketua konsorsium Murakabi Sejahtera yang merupakan salah satu peserta lelang KTP elektronik.” (mustopa)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*