Pemerintah Akan Atasi Hambatan Regulasi Untuk Percepat Investasi

JAKARTA (WARTATOP) — Pemerintah akan mengatasi hambatan-hambatan regulasi percepatan investasi infrastruktur untuk mengatasi perlambatan pertumbuhan nasional. Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan hal itu di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Selasa.

Menurutnya, petumbukan nasional agak stagnan. Karena itu pemerintah berusaha mempercepat sejumlah program pembangunan infrastruktur yang tertunda.

Ia memberikan keterangan terkait pembahasan rapat koordinasi pembangunan infrastruktur dengan Presiden Joko Widodo dan beberapa menteri Kabinet Kerja.

Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan, Senin, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II 2017 sebesar 5,01 persen yang didukung investasi infrastruktur, kendaraan, dan konsumsi rumah tangga.

Pertumbuhan itu dinilai lebih lambat dibandingkan periode sebelumnya. Menurut JK, perlambatan investasi itu dipengaruhi tren menunggu dari pengusaha yang menunda investasi terkait perkembangan ekonomi nasional dan global.

Ia menambahkan sifat menunggu dari masyarakat atau pengusaha terlihat jelas. Padahal, tabungan likuiditas perbankan cukup baik dan keinginan investasi cukup tinggi.

“Oleh karena itu, pemerintah segera memperbaiki aturan-aturan yang tumpang-tindih baik di tingkat pusat maupun daerah. Ya, pokoknya ada keluhan-keluhan tentang banyak aturan baik di pusat dan daerah yang menyebabkan kesulitan, kami akan kaji untuk perbaiki,” ujarnya. (mustopa)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*