Aparat Bareskrim Polri Geledah Kantor PT First, Penyelenggara Umroh

JAKARTA (WARTATOP) — Kantor penyelenggara ibadah umrah PT First Anugerah Karya Wisata yang berlokasi di GKM Green Tower, Jalan TB Simatupang, Kavling 896, Jakarta Selatan, kemarin malam, digeledah aparat Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri.

Menurut Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Brigjen Pol Herry Rudolf Nahak di Jakarta, Jumat, penggeledahan itu berjalan lancar dan pihaknya berhasil menyita sejumlah dokumen..

“Penggeledahan itu merupakan upaya penyidikan dalam kasus dugaan penipuan dan penggelapan dana pembayaran puluhan ribu calon jamaah umrah yang dilakukan pasutri pimpinan PT First Anugerah Karya Wisata Atau First Travel,” lanjutnya, Jumat.

Ia mengatakan pihaknya berencana menggeledah lagi kantor PT First di Depok, Jawa Barat, dan satu lagi di daerah lain. Aparat kepolisian telah menyita barang bukti agar tidak ada dokumen yang hilang.

Dalam kasus itu Bareskrim Polri telah menetapkan pasutri yaitu Andika Surachman (Dirut PT First Anugerah Karya Wisata) dan Anniesa Desvitasari Hasibuan (Direktur PT First Anugerah Karya Wisata) sebagai tersangka. Keduanya telah ditahan di Rutan Bareskrim di Polda Metro Jaya.

“Kasus itu terkuak berkat 13 orang agen First Travel yang melapor ke polisi. PT First Anugerah Karya Wisata atau First Travel menawarkan sejumlah paket umrah melalui para agennya dengan harga yang murah kepada para calon jemaah,” paparnya
.
Menurutnya, paket 1 atau yang disebut paket promo umrah dipasarkan seharga Rp14,3 juta per jamaah. Paket reguler ditawarkan seharga Rp25 juta, sementara paket VIP dengan harga Rp54 juta.

Berdasarkan hasil investigasi, pelaku telah merekrut 1.000 orang agen yang 500 agen di antaranya adalah agen yang aktif mencari jamaah. Selain itu, terungkap sedikitnya ada 70 ribu calon jamaah yang telah membayar biaya umroh, tetapi hanya 35 ribu jamaah yang bisa diberangkatkan. (mustopa)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*