Ngadiman: Pendidikan Karakter di Sekolah Harus Terarah

JAKARTA (WARTATOP) – Pengembangan pendidikan karakter saat sekarang mendapat perhatian besar dari pemerintah. Karena itu, semua lembaga pendidikan di seluruh Indonesia harus mendukung pengembangannya secara terarah.

Kepala SMA Islam Al Azhar 1 Jakarta, Ngadiman, MPd menegaskan hal itu saat melepas peserta SALAM (Pesantrean Alam) SMA Islam Al Azhar 1 di Jakarta, Senin (30/7). Peserta yang terdiri dari siswa kelas 11 itu akan mengikuti kegiatan rutin tahunan SMA Islam Al Azhar 1 Jakarta selama tiga hari di Kampus Al Azhar Cigombong, Bogor.

Menurut Ngadiman, pendidikan karakter memiliki peran yang sangat besar dalam membentuk kepribadian siswa secara baik. Karena itu, tentu sangat tepat jika saat ini pemerintah memberi perhatian besar terhadap pengembangan pendidikan karakter.

Ia menegaskan program pendidikan karakter yang berupa pembinaan perilaku dan akhlak siswa melalui kegiatan SALAM tidak bisa diganti dengan pemberian tugas yang hanya menekankan pada aspek kognitif. Sejalan dengan hal itu, maka bagi siswa yang tidak bisa mengikuti kegiatan SALAM, maka diharuskan untuk mengikuti kegiatan tersebut pada tahun berikutnya saat mereka kelas 12.

“Kegiatan lapangan seperti SALAM tidak bisa diganti dengan tugas apa pun yang hanya bertumpu pada aspek kognitif. Untuk itu, ketika ada orang tua siswa menghadap saya untuk meminta izin anaknya tidak mengikuti SALAM dan minta diganti tugas, saya suruh anaknya mengikuti SALAM tahun depan,” tegasnya.

Ngadiman mengatakan dalam kegiatan SALAM selama tiga hari seluruh peserta diwajibkan mengikuti kegiatan salat tahajud, salat duha, dzikir, dan berbagai kegiatan keagamaan serta pembiasaan karakter yang sangat mendukung pembentukan karakter siswa.

Keberhasilan kegiatan tersebut sangat ditentukan oleh keikhlasan peserta dalam pengikuti seluruh rangkaian kegiatan SALAM. Karena itu, bagi peserta yang mengikuti kegiatan SALAM karena terpaksa, maka saat mereka pulang dari kegiatan itu tidak akan mendapatkan apa-apa. (mustopa)

Leave a comment

Your email address will not be published.


*